Minggu, 04 Maret 2012

SETIA

Setia

Seseorang bertanya kepadaku.
"Kak Setia itu apa sih?" Lalu aku hanya diam membisu, karena sesungguhnya akupun tidak mengerti.
Llau dia berkata lagi. "Kakak kok diam saja?". Lalu aku menjawab, "Maaf dek kakak gak ngerti mending kamu tanya ayah kamu karena dialah yang lebih mengerti". Lalu anak itu berkata "ya udah deh kak makasih". Ku balas dengan senyuman.

Anak tadi itu lalu pulang ke rumapun menjeahnya dan mencari ayahnya, karena sesungguhnya dia sangat penasaran dengan apa yang dinamakan Setia. Akhirnya bertemulah dia dengan ayahnya, lalu ia berkata "Ayah apa sih yah yang dimaksud dengan setia, kenapa ya setia orang yang punya pacar pasti dia bilang 'aku setia sama kamu' sebenernya maksud dari kata setia itu sendiri apa sih yah? Tadi aku sempet nanya sama orang, cuman dia bilang aku disuruh nanya ke ayah". Lalu ayahnya pun menjawab pertanyaan yang menurutnya sangat asing dipertanyakan oleh anaknya, ia berkata " Begini antiaakku, Setia S-E-T-I-A Se. Setia itu dalam arti ayah nih ehm.. Suatu ungkapan yang menyatakan bahwa seseorang ingin sekali bersamanya dan bener-bener serius dengannya dan mau menjaganya setulus hatinya. Kamu mau tahu gimana tipe cowo setia?" anaknya menjawab dengan semangat, " Mau yah mau." ayahnya berkata, " Aduh kamu semangat banget nak, emangnya kenapa sih? lagi jatuh cinta ya." Anaknya tersipu malu dan menjawab, " ih ayah, akukan cuman mau tau aja yah, jadi suatu saat kalo aku punya pacar aku bisa pilih-pilih." ayah berkata, "Bener juga kamu nak. ya udah begini ayah jelaskan, cowo yang setia itu nak dia itu pasti:
1. Mau jagain kamu dengan baik
2. Gak mau kamu tersakiti
3. Baik terhadap keluarga kamu
4. Sayang sama semua keluarga kamu
5. Menghargai kamu dan keluargamu
6. Bertanggung jawab
7. Bisa terima kamu apa adanya kamu
8. Yang terpenting nih nak, Dia Pasti Jaga Kehormatan Kamu
Begitu nak. Dulu ayah kayak gitu sama bunda kamu. Bisa dibilang ayah tuh termasuk tipe cowo setia loh." lalu anaknya menjawab," ciee ayah termasuk tipe cowo setia, pasti bunda beruntung banget ya bisa memiliki ayah." ayah menjawab dengan PDnya " wah iya dong bunda beruntung banget dapetin ayah secara udah ayah ganteng,baik,setia lagi." lalu anaknya meledek," dih ayah memuji diri sendiri gak ada yang muji yaa hahahaha." Ayahnya menjawab," wah kamu nak ngeledekkin ayah aja awas kamu ya ayah cubit loh." Anaknya berkata," Oh tidak aku mau dicubit sama ayah." Lalu ayahnya menjawab," muka kamu ngeledek banget nak ya ampun." Lalu anaknya mengajak damai," Peace yah peace." Lalu ayahnya menerima perdamaian dari anaknya tersebut," baik kita damai." anaknya tersenyum, dan ayahnya berkata lagi, "Nak pokoknya kamu kalo pacaran hati-hati ya, kenalin dulu cowo yang kamu taksir ke ayah, terus carinya yang setia ya nak, yang tipenya sebelas dua belas gini sama ayah, dan inget cari cowo yang bisa jagain kamu dan bisa terus jaga kehormatan kamu ya nak, ayah gak mau kamu jadi cewe yang gak bener! Ngerti nak?." Anaknya menjawab," Siap Bos hehe." Sambil tersenyum, dan ayahpun membalas senyuman anaknya.

Terungkap sudah rasa penasaran anak tadi itu. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar